Gandeng Nissan Motor, GPMI Distribusikan 137 Unit Lampu Solar Cell di Pulau Tunda

SEMANGAT PEMUDA – Bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda, GPMI mendistribusikan lampu solar cell kepada masyarakat Pulau Tunda, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. (Foto: Farhan Hakim)

Kabupaten Serang, MARITIMEOBSERVER.COM ** Gerakan Pemuda Maritim Indonesia (GPMI) bersama Nissan Motor Distributor Indonesia melanjutkan pelaksanaan Nissan Light Up di Pulau Tunda, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, pada Selasa (28/10/2017).

Nissan Light Up merupakan kampanye untuk mengajak konsumen dan pengunjung Nissan di Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017 untuk mendonasikan bantuan bagi nelayan di Pulau Tunda. Kali ini, cara menyumbangnya cukup unik sekali.

“Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan penggalangan dukungan lampu solar cell yang sebagai program kerjasama GPMI dan Nissan pada saat GIIAS 2017 beberapa waktu lalu. Bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda, lampu solar cell tersebut didistribusikan ke Masyarakat Nelayan di Pulau Tunda,” ujar Ketua Umum GPMI, Febriyantoro Martadikrama.

Menurutnya, sebanyak 137 unit lampu solar cell didistribusikan kepada nelayan-nelayan di Pulau Tunda. Beberapa unit diserahkan ke pemerintah setempat untuk dimanfaatkan pada beberapa fasilitas umum yang ada di pulau, seperti sekolah, masjid, mushola, tempat belajar anak, dan fasilitas umum lainnya.

“Nissan Light Up-One Light One Life diharapkan mampu membantu masyarakat nelayan ketika sedang melaut,” tandasnya.

Lampu solar cell diberikan kepada masyarakat Pulau Tunda, mengingat situasi dan kondisi masyarakat di pulau-pulau kecil yang memiliki akses terbatas terhadap penerangan.

Begitu pun halnya di Pulau Tunda. Lampu solar cell  dapat memberi kemudahan aktivitas. Lampu ini mudah pula dibawa ke mana-mana, karena bentuknya yang simpel.

“Kegiatan ini merupakan Program Jangka Panjang GPMI untuk memberikan dukungan kepada nelayan di seluruh Indonesia. Kita memiliki target sejuta keluarga nelayan,” tekad Febri.

Antusiasme masyarakat dalam pelaksanaan pemberian lampu solar cell terlihat pada saat kegiatan berlangsung. Melalui aparat pemerintah Desa Wargasara, disampaikan terima kasih kepada Nissan yang bersedia memberikan dukungan dalam program tersebut, dan GPMI, karena secara konsisten sejak 2013 memberikan pendampingan kepada masyarakat, terutama pemuda di Pulau Tunda.

GPMI sendiri berharap, ke depan, pemuda-pemuda Pulau Tunda semakin bersemangat untuk bekerja dan menghasilkan karya-karya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *