Perkuat Sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Utara, MVPP Asal Turki Sandar di Belawan

PROSES SANDAR – Kedatangan kapal pembangkit listrik, Karadeniz Powership Onur Sultan, di Pelabuhan Belawan dilayani oleh petugas pandu dan tunda Pelindo 1. (Foto: Humas Pelindo 1)

Medan, MARITIMEOBSERVER.COM ** PT PLN (Persero) mendatangkan kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP), Karadeniz Powership Onur Sultan, dari Pemerintah Turki.

MVPP berbendera Liberia tersebut sudah berlabuh di Perairan Belawan sejak Jumat malam (19/5/2017) dan disandarkan di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan, pada Minggu (21/5/2017).

Keberadaan Karadeniz Powership Onur Sultan diharapkan dapat menutupi serta mengantisipasi defisit listrik dalam jangka pendek dan memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera bagian Utara yang sebelumnya hanya berkapasitas daya 240 MW menjadi 480 MW.

Selanjutnya, tidak ada lagi masalah pemadamam listrik di wilayah Sumatera bagian Utara.

Kapal ini diberangkatkan dari Istanbul, Turki, pada bulan April lalu. Serah terimanya dilakukan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, T. Erry Nuradi.

Kapal MVPP salah satu terbesar di dunia itu memiliki panjang/Length Over All (LOA) sebesar 295,82 meter, lebar 46 meter, dan GRT (Gross Register Tonnage) sebesar 90.084 ton.

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 berhasil melayani proses sandar Kapal Karadeniz Powership Onur Sultan di Belawan.

“Pelindo 1 telah menyiapkan pelayanan pemanduan dan penundaan untuk melayani proses sandar kapal ini di Dermaga Khusus PLTU Sicanang, Belawan. Untuk pelayanan kapal MVPP ini, Pelindo 1 telah menyiapkan 7 kapal tunda, 3 orang pandu/pilot, dan penyiapan alur,” ujar General Manajer Pelabuhan Belawan, Yarham Harid.

Selain itu, Pelindo 1 juga memastikan kesiapan proses pelayanan kapal tersebut melalui koordinasi dan supervisi dengan berbagai pihak seperti Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (OP).

“Pengecekan sarana prasarana dan kesiapan pekerja di lapangan menjadi faktor penting agar pelayanan kapal ini dapat berjalan lancar dan efisien,” tambah ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

13 Pelanggan Besar di Sumatera

PLN kini terus mendorong kemajuan industri di Sumatera. Salah satunya ditunjukkan melalui pelayanan penjualan tenaga listrik kepada 13 pelanggan besar yang tersebar di Sumatera. Mereka adalah PT Angkasa Pura 2 Pekanbaru (4300 kVA), PERUM Lembaga Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia Pekanbaru (210 kVA).

Selanjutnya, PT Bintan Resort Cakrawala Tanjungpinang (10350 kVA), PT Bintan Inti Industrial Estate Tanjungpinang (8650 kVA), PT Louis Dreyfus Commodities Indonesia Lampung (4330 kVA), PT Mukti Panel Industri Lampung (5540 kVA), Perumahan PT PIM Aceh (2180 kVA), Perkantoran PT PIM Aceh (3000 kVA).

Ada juga Pabrik PT PIM Aceh (20000 kVA), PT Sanjaya Fisherindo Bangka Belitung (555 kVA), Rumah Sakit Siloam Bangka Belitung (1730 kVA), PT BANGKA TIN Bangka Belitung (1385 kVA), dan PT BANGKA ASINDO Bangka Belitung (1385 Kva).

Total jumlah daya yang disambung kurang lebih 60 MVA.

PLN berjanji memberikan pelayanan listrik khusus kepada pihak Pelanggan Premium dalam memenuhi keandalan Operasional Sistem Ketenagalistrikan dan sebagai pedoman bagi kedua pihak dalam rangka Kerjasama Operasional Sistem Ketenagalistrikan dalam menjaga kelangsungan operasional pelayanan.

Pelanggan akan mendapatkan fasilitas, antara lain tidak ada pengurangan daya sementara, bila Sistem Pasokan Daya di PLN mengalami krisis, dan tidak ada pemadaman akibat under frequency yang berdampak pada turunnya mutu layanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *