Hari Jadi Kolinlamil ke-55, Pangkolinlamil Tegaskan Komitmen Konektivitas Maritim dan Tol Laut

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Aan Kurnia melakukan pemeriksaan pasukan pada upacara peringatan HUT ke-55 Kolinlamil. (Foto: Dispen Kolinlamil)
Panglima Kolinlamil Laksda TNI Aan Kurnia melakukan pemeriksaan pasukan pada upacara peringatan HUT ke-55 Kolinlamil. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Jakarta, MAROBS ** Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Laksda TNI Aan Kurnia, kembali menegaskan komitmen terhadap konektivitas maritim dan Tol Laut. Hal itu ditandaskan untuk mendukung program pemerintah, mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

“Dalam penyelenggaraan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Kolinlamil dengan unsur KRI binaan, baik di jajaran Satlinlamil Surabaya maupun Jakarta, setiap tahunnya selalu mengoperasikan beberapa KRI untuk mendukung kegiatan bakti sosial dan kesehatan,” ujar Pangkolinlamil, saat acara puncak Hari Jadi Kolinlamil ke-55, di Lapangan Apel, Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (1/7/2016).

OMSP yang dimaksud adalah Operasi Surya Bhaskara Jaya, Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB), Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara, Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB), Bina Taqwa Pelajar Indonesia (BTPI) dan pembinaan Pramuka Saka Bahari, serta Program Santri Bela Negara.

Pada 2015, sambungnya, KRI Banjarmasin 592 menyukseskan World Expo Milan 2015, salah satu event terbesar dunia yang diikuti lebih dari 145 negara di Genoa Italia.

“Kolinlamil juga sukses turut mendukung penanggulangan kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan, kemudian baru-baru ini juga melaksanakan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2016 dengan KRI Banda Aceh 593,” ucapnya.

Upacara dihadiri para mantan Panglima Kolinlamil serta berlangsung sore hari dan di penghujung Bulan Ramadhan 1437 H. Usai pelaksanaan upacara, ditampilkan Parade Defile para prajurit Kolinlamil, Penyerahan penghargaan untuk Tamtama Teladan 2016 Kolinlamil Kelasi Kepala (KLK) ETA Eko Sigit, buka puasa bersama, serta Penyerahan Cinderamata untuk para mantan Pangkolinlamil.

Dalam acara ulang tahun Kolinlamil ke-55 digelar Seminar Kemaritiman dan berbagai kegiatan sosial, di antaranya bakti kesehatan untuk masyarakat, seperti fogging di Perumahan TNI AL Jonggol, donor darah, penyuluhan kesehatan.

Puncaknya, pengobatan gratis bagi masyarakat umum, berupa pengobatan umum, gigi, dan khitanan massal yang digelar di daerah Tanjung Priok dan sekitarnya.

Selain itu, bersih-bersih pantai, pasar murah, lomba fotografi, lomba burung kicau, lomba PBB kreasi antar SMA se-Jakarta, lomba pemilihan Putri Remaja Bahari, lomba karya tulis, sosialisasi ke sekolah-sekolah favorit di Jakarta, serta olahraga bersama keluarga besar Kolinlamil.

Sambutan Kasal

Dalam amanatnya yang disampaikan Panglima Kolinlamil, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, mengatakan, peringatan hari ulang tahun ke-55 kolinlamil merupakan ungkapan rasa syukur serta menjadi momentum introspeksi dan evaluasi peningkatkan kinerja.

Dalam pengabdiannya, lanjut Kasal, Kolinlamil sebagai kotama operasi telah menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI dengan baik. Sedangkan sebagai kotama pembinaan, Kolinlamil telah membina kemampuan sistem dan kesiapan operasional angkutan laut militer, serta potensi angkutan laut nasional, guna kepentingan pertahanan dan keamanan yang dapat diandalkan.

“Ini merupakan salah satu implementasi program konektivitas maritim dan Tol Laut dalam rangka menyukseskan Indonesia sebagai Poros Maritim, yang merupakan visi dan misi Presiden, untuk meningkatkan konektivitas di pulau-pulau terdepan, terpencil, dan wilayah perbatasan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *